Install cinelerra di Linux

walnya saya sempat menggunakan Kdenlive sebagai video editor, karena pada ubuntu versi 10.04 yang pernah saya install di laptop saya juga menggunakan software editor ini untuk mengedit video-video pribadi yang saya miliki.

Kemudian setelah relis ubuntu 11.04 (natty narwhal) saya install dilaptop namun, penggunaan kdenlive tidak sempurna, banyak bug-bug yang sering keluar pada saat proses berjalannya aplikasi ini. Kemarin saya ingat kalau teman pernah mengatakan bahwa video editor yang bagus untuk linux adalah Cinelerra.
Setelah mendengar cerita itu saya coba mencari tutor dan keberadaan software ini di OS linux.
Sempat mengalami kesulitan dalam proses penginstallannya. Kemudian coba saya cari lagi tutor tentang cara penginstallanya. Nah begini kira-kira caranya dan proses ini berhasil.

Melalui terminal langsung aja masukkan repo untuk cinelerra ini :

sudo add-apt-repository ppa:cinelerra-ppa/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install cinelerra

Setelah proses selesai, maka saya langsung jalankan aplikasi ini.

berbeda dengan kdenlive, mungkin karena berbeda produk.
Mudahan dapat membantu teman-teman lain yang ingin menggunakan software editor ini



These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment